SPIN Ungkap 70,4% Masyarakat Setuju Prabowo Subianto Gabung ke Pemerintahan Jokowi

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 21 Februari 2023 - 11:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

INDONESIARAYA.CO.ID – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkait kepemimpinan nasional 2024 bertajuk “Survei Kepemimpinan Nasional 2024: Siapa yang Unggul?”.

Hasilnya menunjukkan, sebanyak 70,4% responden setuju terhadap keputusan Prabowo Subianto bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

Hasil ini menjadi sangat menarik lantaran sebelumnya terdapat narasi yang menyebut jika sejumlah pendukung Prabowo kontra atas keputusannya bergabung dengan Kabinet Indonesia.

“Sebagian besar publik atau 70,4% setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Angka persentase ini sangat meyakinkan sekaligus mengejutkan mengingat isu dan analisa yang dikembangkan berbagai pihak bahwa pemilih Prabowo 2019 mayoritas akan menolak sikap tersebut,” demikian dikutip dari keterangan resmi SPIN, Senin 20 Februari 2023

Survei ini kemudian juga memotret bagaimana pemilih Jokowi pun memiliki kecenderungan yang sama, dengan memberikan apresiasi positif terhadap sikap Prabowo tersebut.

Terbukti dengan 35,4% dari total populasi merupakan mereka yang memilih Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019 lalu dan menyatakan setuju dengan sikap Prabowo bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Sementara pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan setuju mencapai 26,1%. Hanya sebagian kecil pemilih Jokowi-Ma’ruf dan pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan tidak setuju.

Bergabungnya Prabowo dengan pemerintah kemudian dibuktikan melalui kinerjanya yang tidak main-main.

Untuk itu, selaras dengan hasil survei SPIN, sebanyak 13,3% responden menyebut, Menhan Prabowo dan Kementerian Pertahanan merupakan menteri atau kementerian yang dinilai memiliki komitmen kerja paling nyata dan konkret.

Hasil tersebut menjadi yang tertinggi. Adapun posisi kedua dan ketiga masing-masing diisi oleh Mensos/Kemensos sebanyak 12,6% dan 9,0% responden memilih Mendikbud/Kemendikbud.

“Terlihat bahwa baik pemilih Jokowi-Ma’ruf maupun pemilih Prabowo sangat menerima sikap Prabowo tersebut apalagi ditambah kinerja Prabowo di kabinet yang paling moncer,” ungkap Direktur SPIN Igor Dirgantara.

Lebih lanjut Igor menjelaskan, jika merujuk pada temuan survei kali ini, Prabowo disebut sebagai sosok pemersatu. “Bukti bahwa Prabowo adalah jalan tengah, tokoh pemersatu terlihat dari kecenderungan temuan survei ini,” tambahnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 3-13 Februari 2023 melalui direct interview dengan bantuan kuesioner terhadap 1.230 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sampel kemudian dipilih dengan teknik multistage random sampling. Survei ini memiilki margin of error sebesar +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Indonesiaraya.co.id, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Partai NasDem Ungkap Alasan Tak Usung Kader Internalnya untuk Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024
Super Lengkap, Daftar 14 Nama Cagub Cawagub yang Diputuskan Partai Gerindra Maju pada Pilkada 2024
PKS Nyatakan Belum Ada Keputusan Terkait Dukungan untuk Bobby Nasution Maju di Pilgub Sumut
Politisi Partai Gerindra Fary Francis Nyatakan Tak Maju Sebagai Calon Gubernur NTT di Pilkada 2024
Penuhi Panggilan Pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Tak Kenal Pelapornya
Sejumlah Pers Daerah dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua Siap Kolaborasi Menangkan Pilkada 2024
Di Rumah Kertanegara, Presiden Terpilih Pemilu 2024 Prabowo Subianto Terima Unsur Pimpinan Partai Nasdem
Elektabiltas Imam, Pradi, dan Farab Masuk 3 Besar yang Siap Bersaing di Pilkada Kota Depok 2024
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 4 April 2023 - 15:57 WIB

Beijing Didesak Pemerintah Jepang Bebaskan Staf Astellas Pharma yang Ditahan di Tiongkok

Berita Terbaru